Reza Abdullah
Reza Abdullah Lorem ipsum dolor sit amet conseqtetur adipiscing elit.

Pengertian HTML dan Contoh Kode HTML

Pengertian HTML dan Contoh Kode HTML
Pengertian HTML dan Contoh Kode HTML
Sumber

Pengertian HTML dan Contoh Kode HTML - Assalamualaikum sobat semua, kali ini kita akan membahas tentang pengertian HTML dan contoh kode HTML, apa yang disebut dengan HTML? Seperti apa contoh kode HTML? kuy kita simak penjelasannya.


Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa markah/markup yang digunakan untuk membangun sebuah website, yang dapat diakses menggunakan sebuah Web Browser  untuk menampilkan berbagai macam informasi yang biasanya berisi teks, gambar, audio ataupun video.

Mungkin sobat bertanya-tanya apa itu Markup?

Markup adalah hal yang dilakukan oleh tag HTML kepada teks yang ada didalamnya. HTML menandai teks yang berada didalamnya sebagai tipe teks tertentu. Misalnya saja jika kita menandai sebuah teks dengan tag html , maka teks tersebut akan berubah menjadi italic (huruf yang miring).


Sejarah HTML

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. 

Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar "beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext" dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.

Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah sebuah dokumen yang disebut "Tanda HTML", pertama kali disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991.Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula, versi sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink, yang sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, in-house Standard Generalized Markup Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN. Sebelas elemen ini masih ada di HTML 4

Versi HTML dari awal hingga sekarang

Dari tahun 90an html sudah merilis versi pertamanya yang dikembangkan seiring berjalannya waktu. Versi terbaru html sampai sekarang adalah HTML5 yang memiliki fitur baru yang lebih fleksibel dibandingkan pendahulunya. berikut beberapa versi HTML yang pernah diciptakan :

HTML versi 1.0
Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya (wrapping).

HTML versi 2.0 (rilis pada 14 Januari 1996)
Pada versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

HTML versi 3.0 (rilis pada 18 Desember 1997)
HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2


HTML versi 4.0 (rilis pada 24 Desember 1999)
HTML versi 4 ini merupakan HTML versi terakhir pada saat sumber ini diambil. HTML ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya. Perubahan ini terjadi di hampir segala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain- lain.


HTML versi 5.0 (masih dalam pengembangan)
HTML versi 5.0 ini masih dikerjakan/dikembangkan mulai 4 Maret 2010 kemarin oleh W3C(World Wide Web Consortium),W3C sendiri adalah sebuah Organisasi yang menangani pengembangan web standar.


Contoh Kode HTML Sederhana

Setelah sobat mengetahui pengertian, sejarah, dan versi-versi dari HMTL, kuy sekarang kita mengenal skrip kode dasar pada HTML. Mari buka aplikasi teks editor di komputer sobat, dan copy skrip kode HTML dibawah ini, lalu paste-kan di aplikasi teks editor sobat, simpan dengan ektensi .html 
*contoh: kode.html

<html>
<head>
<title>Kuy Belajar HTML</title>
</head>
<body>
Saya Lagi Belajar HTML Nih
</body>
</html>

Penjelasan : 

  • Tag <html> digunakan untuk memulai sebuah file HTML, dan harus di akhiri dengan </html>
  • Tag <head> digunakan untuk bagian header, tempat untuk menyisipkan link file CSS atau Javascript external, dan harus di akhiri dengan </head>
  • Tag <title> digunakan untuk memberi judul file HTML sobat, dan harus di akhiri dengan </title>
  • Tag <body> disini lah tempat sobat untuk merangkai skrip HTML untuk menghasilkan sebuah Website, dan harus di akhiri dengan </body>
Setelah itu silahkan sobat buka file html yang tadi telah sobat buat dengan aplikasi web browser yang tersedia di komputer sobat. Cukup mudah bukan mempelajari HTML? mari kita sama-sama belajar untuk terus meningkatkan kempampuan coding kita. Cukup sekian dulu dari saya, semoga bisa bermanfaat dan Keep Coding!


Reza Abdullah
Reza Abdullah Lorem ipsum dolor sit amet conseqtetur adipiscing elit.
Load comments